Senin, 13 Juli 2015

10 Desain Rumah Kecil "Luar Biasa" Di Jepang


Rumah mungil seperti layaknya belakangan ini banyak dijual di Indonesia, tidak selalu memberikan tempat yang sempit hanya saja bagaimana kita melakukan penataan ruang dan memaksimalkan keseluruhan ruang. Seperti yang dihimpun oleh tim Rocket News tentang hunian mungil di Jepang yang istimewa ini. Hal yang menarik adalah kyoushou juutaku rumah mikro yang baik untuk kepentingan lingkungan, rumah dirancang dengan memanfaatkan ruang yang sangat kecil atau bahkan sangat sempit. Sekaligus memanfaatkan lahan yang seharusnya dapat dibiarkan terbuka atau lahan hijau.

Lebih dari 70 persen total daratan di Jepang tidak cocok untuk membangun sebuah bangunan karena luas hutan dan pegunungan di Negara tersebut yang tidak besar. Penduduk perkotaan di Jepang harus membayar mahal untuk sebuah real estate. Meskipun begitu banyak penduduk Jepang bercita-cita untuk memiliki rumah ideal khas barat. Beberapa orang beralih untuk menyederhanakan kehidupan dan rumah mereka menjadi seni rupa, desain rumah yang tidak hanya kecil tapi juga bergaya unik. Berikut adalah beberapa rumah mikro yang luar biasa di Jepang.



1. Rumah Nada (Prefektur Hyogo)

nada-house-1-propertidata.com

Ketika anda tidak bisa membangun rumah yang baru di atas lahan yang luas, tetapi anda harus membangun rumah di lahan seluas hampir 36 meter persegi, artinya anda perlu membuat hitungan setiap inci nya.Tinggi dan ramping dengan kamar yang melilit poros tengah agar cahaya tetap masuk, untuk tipe rumah ini lantai dasar dibiarkan sedikit lebih luas dari ruang yang lain karena terbagi dua dengan garasi mobil. Daerah ruang tamu, dapur dan ruang makan dapat ditemukan di lantai dua, kamar tidur dengan gaya sederhana berada di lantai ketiga. Meskipun hanya memiliki beberapa jendela di bagian depan dan belakang bangunan, sirkulasi udara teteap terjaga ditambah atap yang sedikit menggunakan kaca.

nada-house-2-propertidata.com

nada-house-3-propertidata.com

2. Rumah Hori No Uchi (Suginami,Tokyo)

Rumah-Hori-No-Uchi-1-propertidata.com

Lahan yang anda miliki hanya tersisa sedikit di tepi jalan? Tidak masalah! Hori No Uchi adalah rumah yang dibangun di atas sebidang tanah seluas 55 meter persegi dan bangunan hanya mengambil 27,9 meter persegi. Meruncing pada salah satu ujungnya gedung ini terjepit di antara jalan dan tanggul sungai, dengan beberapa jendela, lantai dasar bangunan dijadikan sebagai kamar tidur sebagai daerah yang nyaman. Lantai dua, benar-benar terbuka untuk memungkinkan banyak cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Lengkap dengan loteng kecil di mana anak-anak bisa bermain tanpa perlu bertabrakan dengan anda.

Rumah-Hori-No-Uchi-2-propertidata.com Rumah-Hori-No-Uchi-3-propertidata.com

3. Rumah Taman

rumah-taman-1-propertidata.com

Dirancang oleh Ryue Nishizawa untuk menjawab keinginan klien yang ingin tinggal di pusat kota namun kendalanya adalah tanah di Jepang sangat mahal, rumah taman muncul pada awalnya untuk menjadi bagian kecil dari  apartemen. Gedung empat lantai adalah menjadi pilihan tempat tinggal satu-satunya, dengan tangga baja berbentuk spiral.Suasana hijau dan banyak kaca dapat ditemukan di setiap lantai,  cahaya alami membuat ruangan terasa lebih besar sedangkan tanaman ditempatkan ke arah depan bangunan akan tetapi ada beberapa ruangan yang dibuat untuk kebutuhan privasi.

4. RumahTerpisah AKA'63.02'Nakano (Tokyo)

rumah-terpisah-2-propertidata.com



Dinamakan 63,02 karena menghadap jalan, 63,02 adalah salah satu rumah mikro yang paling minimalis di Jepang. Arsitek Jo Nagasaka dan Toshiharu Ono merancang rumah masuk ke dalam jalan untuk memberikan tampilan dan kesan yang menarik bagi penduduk, sehingga membuat sebagian besar ruang di jalan tersebut terbatas. rumah-terpisah-1-propertidata.com
BACA JUGA : 10 APARTEMEN TERMAHAL DI DUNIA
Arumah-terpisah-3-propertidata.com


5. Rumah Moriyama

rumah-moriyama-1-propertidata.co rumah-moriyama-2-propertidata.co

Rumah Moriyama mungkin dari luar terlihat seperti rumah pengiriman container, tetapi setelah anda melangkah ke dalam ruangan anda akan bertanya-tanya apakah anda sedang memasuki galeri seni modern?

Terdapat kotak kaca sebagai ruangan 'taman batu' dengan beberapa hiasan pot tanaman dan diberi pantulan sinar matahari yang masuk dari atas. Lantai pertama berisi dapur atau ruang makan dan kamar mandi, sementara lantai dua menyediakan kamar tidur dan ruang tamu tambahan yang melihat langsung ke bawah pada bagian tengah rumah mungil ini.

rumah-moriyama-3-propertidata.co

6. Rumah Lucky Drop (Tokyo)

rumah-lucky-drops-1-propertidata.com rumah-lucky-drops-2-propertidata.com

Rumah Jatuh Keberuntungan dibangun di salah satu jalan dengan jenis tanah tertipis yang pernah ada, hanya bermodal lahan seluas tiga meter! sungguh meter yang sangat  sempit. Seperti namanya, rumah ini dirancang untuk terlihat seperti air 'jatuh' jika kita harus tinggal di sini kita mungkin tidak merasa beruntung. Tetapi harus diakui desain sangat mengesankan.

7. Rumah Dekat

rumah-near-house-1-propertidata.com rumah-near-house-2-propertidata.com

Rumah Dekat sebenarnya terdiri dari dua bangunan yang sangat sempit "gerbang rumah" terletak di depan, dan yang lebih besar "rumah utama" di bagian belakang, dipisahkan oleh sebuah taman kecil. Desain unik menggunakan 'bentuk L'. Mungkin bagi kita yang melihatnya sungguh tidak biasa, tapi kita harus mengagumi rancangan desainer untuk memanfaatkan ruang kecil dengan kreatifitas yang tinggi. rumah-near-house-3-propertidata.com

8. Rumah dengan Big Gap (Tokyo)

rumah-terbilah-1-propertidata.com

Melihatnya seperti sesuatu yang ada di video game platform, Rumah dengan Big Gap berdiri di atas sebidang tanah dengan luas hampir 30 meter persegi. Meski begitu, desain tersebut berhasil mengundang cahaya alami ke dalam ruang, dengan jalan setapak dan  tangga di setiap kamar, sungguh unik!

rumah-terbilah-2-propertidata.com split house


rumah-terbilah-3-propertidata.com split house


9. Rumah Showa-Cho (Osaka)

rumah-show-cha-2-propertidata.com

Meskipun terletak di sebuah kota ternama setelah masa periode dalam sejarah Jepang, rumah Showa-Cho adalah rumah ultra modern dan sangat bergaya. Rumah tersebut dirancang di bawah filosofi sebuah rumah kecil dengan pemandangan, dasarnya adalah serangkaian tingkat saling berhubungan dengan fasad kaca raksasa. Pemilik mungkin ingin berinvestasi dalam beberapa tirai remote control. rumah-show-cha-1-propertidata.com

10. Rumah Terbelah (Tokyo)

rumah-terbilah-1-propertidata.com

rumah-terbilah-2-propertidata.com split house


rumah-terbilah-3-propertidata.com split house


 Membaginya menjadi dua, ya kedua bagian rumah tersebut seolah bercermin satu sama lain dan dihubungkan oleh jalan kayu kecil (di bawah). Menempatkan taman harfiah di tengah-tengah rumah berarti lebih banyak cahaya, yang pada gilirannya membuat sebuah bangunan hampir setengah lebar dari standar.

sumber : http://en.rocketnews24.com/