Kamis, 04 Februari 2016

Tips mengecat dan membuat pagar besi bebas karat



Mengecat pagar rumah, selain membuat rumah lebih menarik, memberikan perhatian khusus pada pagar rumah sebenarnya punya keuntungan lain. Membuat pagar lebih cantik, berarti menghilangkan karat.
Karena karat yang biasanya memberikan tampilan tidak menarik pada pagar juga dapat menjadi penyebab utama kerusakan pagar besi. Berikut ini proses pengecatan pagar berkarat yang bisa anda lakukan sendiri di akhir pekan.

Gunakan ampelas dengan pasir berjumlah sedang (medium-grit) untuk menggosok permukaan besi dan menghilangkan karat. Ampelas juga efektif menyingkirkan cat yang sudah mengelupas. Pada bagian-bagian yang sulit dibersihkan, gunakan sikat kawat.

Setelah anda rasa cukup, bersihkan sisa-sisa ampelas dengan kain. Kemudian, mulailah mempersiapkan proses pengecatan.

Sediakan koran di bagian bawah pagar untuk menadah tetesan cat. Selain itu, manfaatkan painter’s tape untuk melindungi bagian dinding atau bagian lain agar tidak terkena cat.
Kemudian, semprot atau oleskan anti karat pada pagar. Tunggu sampai anti karat tersebut kering dan pastikan anda membaca instruksi yang tertera pada antikarat tersebut.

Anda juga bisa menggunakan cat besi yang mengandung antikarat, selain sebagai lapisan cat primer juga sekaligus menjadi top coat atau cat finish yang diformulasikan khusus dalam satu kemasan.

Namun jika anda memilih cat khusus anti karat, tunggu sampai cat tersebut kering, baru gunakan cat eksterior. Mulailah dari bagian atas dan perlahan-lahan, cat hingga bagian bawah.

Jangan lupa, blok atau tutup dulu area di sekitar pagar agar tidak ada orang yang tanpa sengaja merusak hasil cat anda. Singkirkan penutup dan painter’s tape jika cat sudah kering.

Pastikan anda memegang cat semprot dengan tepat dan memberikan jarak yang cukup antara cat semprot dan pagar. Hal ini memastikan cat tidak menumpuk dan menetes sehingga mengganggu keaselian warna cat pagar rumah anda.

Semoga sukses…