Rabu, 13 Januari 2016

Beberapa Cara Jitu Membuat Kamar Tidur Menjadi Sehat



Kamar tidur merupakan tempat yang menjadi favorit bagi setiap orang untuk melepas lelah setalah sehari beraktivitas atau hanya sekedar berdiam diri menghabiskan waktu menulis atau hobi lainnya. Mungkin Anda telah berusaha keras untuk membuat kamar tidur menjadi tempat beristirahat yang cantik dan nyaman.

Namun, ternyata ada bahaya kesehatan yang mengintai. Berikut beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan agar kamar tidur tetap sehat.

1. Jendela

Biarkan udara di kamar tidur Anda keluar dengan membuka jendela pada cuaca yang memungkinkan, setiap hari. Cara ini akan menyegarkan ruang dan menghilangkan gas berbahaya yang dapat bertambah di dalam ruangan dari waktu ke waktu.

2. Tanaman rumah

Tidak hanya akan mempercantik kamar tidur Anda, satu atau dua pot tanaman juga dapat melepaskan oksigen dan membantu menyaring senyawa berbahaya yang dipancarkan oleh pembersih sehari-hari, misalnya deterjen dan wewangian.

3. Pemurnian

Sebuah filter udara yang tenang adalah cara efisien untuk memurnikan kamar tidur Anda dari polutan berbahaya dan mengagitasi alergen seperti tungau, debu, serbuk sari, dan bulu hewan peliharaan.

4. Kebersihan

Bahkan jika sudah memiliki filter udara, penting untuk menjaga kotoran dan debu tungau di pojok-pojok dengan membersihkannya secara teratur. Beri perhatian khusus untuk daerah-daerah yang cenderung menjadi tempat debu menumpuk termasuk lantai, tepi-tepi tembok, jendela, dan kain pelapis.

5. Seprai

Jumlah tungau kulit, kotoran, dan debu mati yang berkumpul di tempat tidur Anda agak mengerikan dan dapat menyebabkan masalah asma sampai jerawat. Kabar baiknya, untuk menyingkirkannya cukup mudah, yaitu dengan mencuci seprai, selimut, dan sarung bantal setiap 1-2 minggu.

6. Udara

Kelembaban di tempat tidur dan kasur bisa menyebabkan masalah. Oleh sebab itu, kasur perlu diberi udara. Tarik kembali seprai dan bantal. Diamkan beberapa menit sebelum ditutup kembali.

7. Bantal berbahan kimia

Kabar buruk bagi pecinta bantal memory foam. Bantal ergonomis ini sering mengeluarkan gas berbahaya Volotile Organic Compounds atau VOC yang dapat menyebabkan sakit kepala, mual, dan iritasi mata. Untuk itu, tukar isi bantal dengan bahan organik, seperti wol atau bulu. Selain itu, Anda juga bisa mengisinya dengan busa yang lebih aman seperti busa lateks alami.

8. Kasur berbahan kimia

Mengingat betapa banyak waktu yang Anda habiskan dengan kasur setiap hari, tentu Anda ingin benda ini aman. Sementara itu banyak produk yang beredar di pasaran, termasuk kasur, yang pernah disiram dalam bahan kimia tahan api. Bahan kimia ini erat kaitannya dengan kanker, cacat lahir, dan masalah kesuburan. Untuk itu, carilah kasur yang bebas bahan kimia.

9. Peralatan kantor

Di apartemen kecil atau tipe studio, dalam satu ruangan bisa menjadi banyak fungsi, misalnya kamar tidur sekaligus ruang kerja.

Namun sebaiknya Anda menjauhkan peralatan kantor dari tempat tidur, terutama jika peralatan ini berfungsi sepanjang waktu. Penelitian menunjukkan, printer laser memancarkan partikel kecil ke udara yang mungkin berbahaya.







Sumber : http://properti.kompas.com/