Jumat, 08 Januari 2016

Tiga Hal yang Perlu Diketahui untuk Sewa Rumah

Menyewa rumah atau apartemen menjadi hal yang sangat umum, terutama di kota-kota besar. Bahkan, penyewaan properti hunian sudah menjadi trend investasi bagi mereka yang memiliki kelebihan uang.
Bagi anda yang ingin menyewa rumah, ada baiknya mengetahui tiga hal yang kerap dilakukan pemilik rumah. Tujuannya, agar anda dapat menyesuaikan dengan anggaran dan mendapat fasilitas lebih.

Bulanan atau Tahunan ?

Perlu diingat, para pemilik rumah menyewakan properti mereka untuk mendapatkan keuntungan. Sebagian besar memilih menerapkan sewa per bulan, tetapi ada pula yang meminta sewa per tahun dengan syarat dibayar di muka.
Sebagai penyewa, anda sebaiknya menghitung keuangan dengan cermat. Dengan menyewa per tahun, mungkin anda dapat terhindar dari kenaikan sewa, tetapi keuangan anda mungkin akan menipis sementara anda memerlukan uang untuk kebutuhan pokok sehari-hari.

Kenaikan Harga Sewa

Di kawasan strategis, seperti dekat dengan perkantoran dan pusat perbelanjaan, biasanya rumah atau apartemen sewa sangat laris. Di kawasan inilah para pemilik rumah/apartemen cenderung selalu terus menaikkan harga sewa bahkan di atas standar rental karena mereka dapat melakukannya.
Untuk itu, anda sebagai calon penyewa sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu sebelum menentukan properti yang akan disewa. Prediksikan juga kondisi ekonomi atau regulasi pemerintah yang dapat menyebabkan harga sewa melambung naik.

Bonus dan Fasilitas

Dahulu, kita bisa dengan mudah mendapat bonus, seperti sewa satu bulan gratis dalam periode sewa satu tahun. Saat ini, hal tersebut sudah jarang ditemui terutama di kawasan - kawasan yang strategis dan ramai penyewa.