Kamis, 02 April 2015

5 Tips dan Trik Praktis Menata Rak Buku

Gemar membaca buku tidak hanya menghilangkan stress namun juga dapat mengurangi resiko penyakit Al-Zheimer dan meningkatkan daya ingat pada otak. Bagi Anda yang gemar membaca dan mengoleksi buku tentu tidak ingin melihat buku yang berantakan dan tidak tertata selain itu juga bisa mengganti suasana rumah dengan menata ulang rak buku. Berikut ini 5 tips menarik dan praktis yang bisa Anda lakukan untuk menghidupkan suasana ruang keluarga atau ruang baca Anda di rumah dengan sederhana namun memiliki nilai




1. Kombinasi Penataan Buku



menyusun buku secara vertikal dan horizontal pada rak buku designsponge.com


Bosan dengan penataan buku yang itu-itu saja? Susun buku secara vertical dan horizontal agar tidak terlihat  monoton, atur penyusunan buku dalam satu rak. Untuk rak atas dan bawah, masing-masing buku disusun  secara horizontal dan vertikal.

2. Susunan berdasarkan warna buku

menyusun rak buku berdasarkan warna

Menyusun buku berdasarkan susunan warna, selain mempermudah Anda untuk menemukan buku yang dicari, langkah ini juga bisa membuat visual lemari buku terlihat cerah.

3. Pajangan untuk dekorasi



menambahkan barang pajangan pada rak buku designsponge.com


Barang pajangan sperti patung kecil, mangkuk atau piring artistik dapat menambah nilai seni pada lemari Anda. Jangan lupauntuk menyesuaikan letaknya.

 4. Naturalisasi

 menambahkan benda yang bersifat natural pada rak buku

Tidak ada salahnya memanfaatkan tanaman atau batu-batuan kecil untuk menambah aksen natural. Misalkan, isi vas kaca bening dengan bebatuan kecil.

5. Sentuhan karya seni

 menambahkan benda seni pada rak buku

Pastinya Anda juga bisa menata karya seni seperti lukisan atau foto yang sesuai dengan tema lemari buku Anda.
Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba!



Sumber: designsponge.com