Senin, 28 Desember 2015

Buat Liburan Akhir Tahun Kamu Jadi Lebih Murah Dengan 5 Cara Berikut



Libur akhir tahun sudah di depan mata, saatnya manjakan diri Anda dari segudang aktifitas pekerjaan yang cukup melelahkan. Berlibur menjadi pilihan setiap orang ketika mendapati tanggal merah namun, masalah paling umum yang dihadapi ketika berlibur adalah terlalu banyaknya uang yang dihambur-hamburkan selama perjalanan yang dilakukan. Entah perjalanan dalam maupun luar negeri, sebenarnya hal tersebut bisa disiasati. Ingin berlibur dengan biaya yang tidak terlalu merogoh kocek terlalu dalam tetapi liburan Anda tetap menyengakan? tentu saja bisa! Berikut  lima cara agar liburan Anda jadi lebih murah.



1. Rencanakan perjalanan sejak jauh-jauh hari

Hal pertama yang perlu di perhatikan aadalah tujuan wisata. Anda harus menentukan terlebih dahulu kemana Anda akan pergi berlibur kemudian tentukan pula kapan Anda akan kesana. Jika tujuan Anda sudah bulat maka langkah selanjutnya adalah memilih jenis transportasi yang akan digunakan menuju tempat wisata tersebut, tentunya hal ini dapat meringankan biaya Anda. Jika biaya tiket tarnsportasi yang Anda beli dipersiapkan sejak jauh-jauh hari maka akan semakin murah harganya, ditambah Anda semakin matang dengan persiapan liburan yang akan Anda jalani.



2. Cari teman di tempat yang akan dituju

Memiliki teman yang tinggal dan merupakan orang asli di tempat tujuan wisata merupakan cara yang sangat tepat untuk membuat biaya perjalanan Anda lebih murah. Anda dapat bermalam dirumahnya selama masa liburan berlangsung sekaligus Anda mendapat guide gratis tentunya tak ketinggalan dalam membantu urusan tawar-menawar membeli oleh-oleh bukan?



 3. Pelajari bahasa atau dialek setempat

Mampu berbicara bahasa atau dialek di tempat tujuan wisata merupakan cara yang tepat untuk meringankan biaya yang Anda keluarkan. Dengan bahasa atau dialek yang sama, maka Anda akan dianggap sebagai orang lokal oleh banyak pedagang sehingga mereka tidak akan memberikan harga yang terlalu mahal. Cara ini juga dapat membuat Anda dapat berkomunikasi dengan mudah terhadap penduduk sekitar.



4. Gunakan transportasi umum

Menggunakan transportasi umum seperti bus kota atau jenis transportasi massal lainnya tentunya akan meringankan biaya perjalanan Anda saat liburan dibandingkan dengan menyewa kendaraan yang cukup menguras dompet Anda. Tentunya Anda harus dibekali dengan berbagai rute dan titik-titik pemberhentian transportasi umum tersebut  agar Anda tidak tersesat.



5. Jangan beli makanan dan barang di dekat tempat wisata

Hal ini yang sering dilakukan wisatawan saat berlibur mengunjungi beberapa pusat wisata. Biasanya penjual oleh-oleh dan rumah makan di sekitar tempat tersebut memiliki harga yang lebih mahal dibanding tempat lain. Oleh karena itu, hindari makan atau berbelanja di dekat tempat wisata dan carilah tempat lain di luar wilayah tersebut. Cari paling mudah untuk mencari tempat makan dan belanja yang lebih murah adalah di pasar dan wilayah sekitarnya.







Sumber : http://www.merdeka.com/