Senin, 21 Desember 2015

Lakukan Hal Berikut Ini Sebelum Pindah Rumah

Pindah rumah dianggap beberapa orang sebagai kegiatan yang bisa membuat stres para penghuni rumah. Pasalnya, banyak hal yang perlu diingat agar tidak tertinggal saat pindah rumah.

Ada beberapa cara efisien yang dapat membantu anda pindah rumah, agar lebih murah dan ringkas.

1. Atur waktu jauh hari sebelumnya
Mulailah membuat daftar prioritas barang apa yang sangat Anda butuhkan. Mengepak barang-barang membutuhkan waktu yang cukup panjang, apalagi jika barang anda tidak sedikit.
Jika rumah lama anda memiliki lebih dari satu lantai, mulailah mengepak dari lantai paling atas hingga ke bawah. Pastikan Anda memisahkan dokumen penting dari barang-barang lainnya.

2. Jangan mempekerjakan tukang
Anda mungkin tergoda untuk menyewa orang selama melakukan pindah rumah. Tetapi, pada banyak kasus, anda tidak perlu melakukannya.
Pengepakan dapat anda lakukan sendiri, karena yang paling tahu di mana barang-barang adalah Anda sendiri dan dengan tidak menyewa tukang, anda bisa menghemat banyak dana sehingga bisa digunakan untuk menyewa truk.

3. Jual atau sumbangkan barang-barang yang tidak perlu
Anda pasti memiliki barang-barang yang sudah tidak lagi dipergunakan. Jika Anda yakin tidak lagi menggunakan barang tersebut tetapi tetap memaksa membawanya ke rumah baru, itu akan dapat menambah beban pindah anda.
Oleh sebab itu, sebelum pindah, penting untuk membersihkan dan memilah barang-barang Anda secara menyeluruh. Jika ada beberapa barang yang bisa dijual, anda bahkan mendapatkan uang tambahan. Atau anda juga dapat berbagi dengan orang-orang atau tetangga yang lebih membutuhkan.

4. Gunakan boks
Kalkulasikan boks yang akan dibutuhkan untuk mengepak barang-barang anda. Jika boks yang Anda miliki kurang, kunjungi toko atau warung terdekat dan tanyakan boks bekas mereka. Kalaupun harus membeli, harganya dipastikan tidak mahal.
Saat menggunakan boks berukuran besar, pastikan Anda tidak mengisi sampai penuh karena akan menyulitkan saat membawanya. Untuk barang-barang berat, pastikan juga Anda menggunakan boks yang lebih kuat.

5. Gunakan tas dan koper
Buatlah ransel dan koper anda berguna. Caranya, isi tas tersebut dengan baju atau pakaian. Dengan cara itu, anda dapat mengurangi pemakaian boks.

Demikian tips agar kegiatan pindah rumah anda lebih efisien.