Senin, 07 Desember 2015

Inspirasi interior rumah mungil khas jepang

Muji, Sebuah perusahaan ritel asal jepang, berhasil menciptakan desain sebuah hunian mungil di kota tokyo. Desain ini terbilang unik, mulai dari segi tampilan fisik hunian ini terlihat sangat mengoptimalisasi ruangan. Ruang tamu memiliki pencahayaan yang terang sehingga ruangan terlihat luas, dan terdapat sebuah alur kecil yang menghubungkan tiga lantai di banguan rumah tersebut. Konsep desain rumah ini dinamanakan "split level", desain ini ditempatkan pada posisi yang saling berdekatan, posisi ini bertujuan agar ruangan satu dengan yang lain terlihat saling terintegrasi dan terhubung juga mempunyai fungsi agar bagian ruangan tersebut menjadi sangat kuat. Tidak ada pemandangan pintu atau dinding yang menghalangi bagian ruangan lain karena bagian tangga dijadikan sebagai bagian ruang tamu.

Desain rumah mungil seperti ini juga mempunyai sebuah jendela besar di sisi samping badan ruangan yang akan menambah kualitas dan kuantitas pencahayaan ruangan dan kesan terang pada ruangan akan tampak jelas yang dapat menciptkan kesan luas pada ruangan rumah mungil khas jepang ini..

Inspirasi rumah mungil khas jepang http://rumahoscarliving.com/


Ide inilah yang ingin ditunjakan oleh Muji bahwa kesan luas dalam sebuah ruangan tidak hanya didapat dari penataan furniture, pemilihan furniture, atau pun desain ruangan itu sendiri tetapi dapat juga disiasati dengan pencahayaan yang tepat dan optimal. Meskipun sebuah hunian dapat dikategorikan sebagai hunian dengan luas yang terbatas, setiap ruangan dapat terlihat lebih luas hanya dengan memaksimalkan pencahayaan dalam ruangan.

Warna yang diaplikasikan pada desain ini yaitu warna putih dan cokelat, ada juga beberapa warna lainnya yang menghiasi bagian interior hunian ini. Warna tersebut adalah warna netral seperti abu-abu tua, biru, dan hitam. Warna netral selain dapat berfungsi sebagai pemanis ruangan, juga berperan sebagai focal point pada rumah mungil yang terinspirasi dari rumah-rumah jepang yang identik dengan konsep minimalis dan lapang.

Lantai yang digunakan oleh desain rumah ini adalah lantai kayu yang terlihat di rumah-rumah jepang pada umumnya, hanya saja semua dikemas dalam tampilan yang lebih modern.

Bagaimana ? tertarik untuk membuat rumah mungil khas ala jepang seperti ini ?