Senin, 21 Desember 2015

Tips Meninggalkan Rumah Saat Liburan

Meninggalkan rumah disaat liburan agar selalu aman adalah hal yang wajib, tak peduli apakah sebentar atau lama. Kejadian yang tidak diinginkan bisa saja menimpa siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Berikut adalah beberapa tips sederhana agar tak khawatir keamanan rumah selama kalian menikmati liburan.

1. Periksa Listrik dan Gas
Pastikan alat-alat elektronik yang tidak digunakan selama ditinggal sudah terlepas dari sambungan stop kontak. Melepas konektor alat elektronik yang tak terpakai akan meminimalisir resiko terjadinya arus pendek yang dapat menyebabkan kebakaran. Lain halnya dengan kulkas, karena kulkas berguna untuk menyimpan stock bahan makanan yang selalu butuh kesegaran. Resiko kebakaran lainnya bisa juga dipacu oleh tabung gas, oleh karena itu pastikan kompor gas kalian dalam kondisi yang aman.

2. Pasang Sensor Cahaya
Orang bisa menentukan rumah sedang kosong atau tidak hanya dari kondisi lampu yang menyala. Jika saat pagi atau siang lampu rumah dalam keadaan menyala, kemungkinan rumah dalam keadaan kosong karena tak ada yang mematikannya. Keadaan seperti ini dapat mengundang orang jahat untuk mengambil seluruh isi rumah kalian. Oleh karena itu, sangat berguna bila memasang alat sensor cahaya pada lampu yang berfungsi mengendalikan kapan lampu menyala dan padam.

3. Simpan Kunci Kendaraan
Jangan pernah meninggalkan kunci kendaraan di dalam rumah, karena jika rumah kebobolan setidaknya kendaraan kalian tetap aman. Kalian dapat membawanya bepergian atau menitipkannya kepada kerabat atau tetangga yang dapat kalian percaya.

4. Pamit ke Tetangga dan Satpam
Pencegahan adalah hal yang paling baik. Sebelum meninggalkan rumah untuk berlibur, pamitlah ke tetangga terdekat serta petugas keamanan perumahan. Hal ini sangatlah penting agar mereka dapat ikut mengawasi rumah dan memberi tahu jika ada sesuatu yang terjadi di rumah.

Demikian tips agar rumah aman disaat liburan, semoga bermanfaat untuk anda.